Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Bermedia Meqip pada Pembelajaran Kubus dan Balok Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Gugus IV Kecamatan Raba Kota Bima
Main Author: | Nurjul, Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7131/1/42645.pdf http://repository.ut.ac.id/7131/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) bermedia meqip terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif TGT bermedia meqip diterapkan pada siswa dengan tujuan agar motivasi dan basil belajar siswa meningkat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Nonequivalent control Group Design. Pelaksanaan eskperimen semu digunakan untuk menjawab hipotesis awal (Ho) yaitu: Penerapan Pembelajaran kooperatifTipe TGT (Teams Games Tournament) Bermedia Meqip pada Pembelajaran Kubus dan Balok berpengaruh terhadap motivasi dan basil belajar siswa. Subjek penelitian adalab siswa SD Kelas V Gugus IV Kecamatan Raba Kota Bima tahun ajaran 2012-2013. Sampel penelitian ini diperoleh dengan melakukan acak sederhana, dengan l kelas kelompok eksperimen dan 1 kelas kelompok kontrol. Analisis hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil analisis menunjukkan babwa ada perbedaan motivasi dan basil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (( 3,29> 2,00) dan ( 6,30 > 2,00)). Analisis selanjutnya menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan tentang basil belajar pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan (26,5), sedangkan pada kelas kontrol perbedaan basi belajar yang diperoleb tidak signifikan (16,14). Kesimpulan dari penelitian ini adalab penerapan pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Turnament) bermedia meqip berpengarub terhadap peningkatan motivasi dan basil belajar siswa SD kelas V Gugus IV kecamatan Raba Kota Bima.