Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Karakter Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa kelas VIII

Main Author: Tien, Roostini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/7121/1/42624.pdf
http://repository.ut.ac.id/7121/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman matematika dan kurangnya motivasi belajar peserta didik SMP 2 PakemBondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh interaksi antara model pembelajaran STAD berbasis karakter dan motivasi belajar terhadap basil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain 2x2. Penelitian ini dilakukan pada bulan Pebruari sampai dengan bulan Oktober 2014. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 2 Pakem - Bondowoso kelas VIII pada tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika dengan pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dalam bentuk uraian dan angket motivasi belajar. Analisa data yang digunakan adalah Analisa Variabel Dua Jalan ( ANoVA). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1 ). Terdapat pengaruh yang nyata dalam penerapan model pembelajaran kooperatiftipe STAD dengan model pembelajaran konvensional pada hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,01. (2) Terdapat pengaruh yang nyata kedua model pembelajaran tersebut pada motivasi belajar peserta didik tinggi dan rendah terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,01 (3) Terdapat pengaruh yang nyata kedua model pembelajaran pada motivasi tinggi terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan ni lai signifikansi 0,000 < 0,01. (4) Terdapat pengaruh yang nyata kedua model pembelajaran tersebut pada motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis karakter dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Peserta didik dengan motivasi belajar matematika tinggi mempunyai basil belajar matematika lebih baik daripada peserta didik dengan motivasi belajar rendah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada kompetensi sistem persamaan linear dua variabel.