Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Latihan Dan Kerja Kelompok Dalam Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Songgon Kabupaten Banyuwangi
Main Author: | Ulfa, Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6930/1/42734.pdf http://repository.ut.ac.id/6930/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini pembangunan nasional lebih diarahkan pada pembangunan pendidikan dengan penekanan pada peningkatan mutu untuk setiap jenjang pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor dominan dalam kehidupan,baik dalam kehidupan seseorang, keluarga, maupun bangsa dan negara. Maju mundurya suatu bangsa akan sangat ditentukan oleh sumber daya manusianya yang berkualitas. Belajar merupakan sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan,sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir dan kemampuankemampuan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah cara belajar latihan dan cara belajar kelompok dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Songgon Kabupaten Banyuwangi, serta mengetahui sejauh mana perbedaan cara latihan dan kerja kelompok dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Songgon Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif korelasional karena dalam prosedur dan analisisnya peneliti menggunakan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII A dan VII B SMPN 2 Songgon Kabupaten Banyuwangi yaitu masing-masing sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan Siswa Kelas VII C SMPN 2 Songgon Kabupaten Banyuwangi sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Metode analisis data menggunakan analisis independent sample t-test yang dilakukan dengan bantuan program SPSS for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa metode latihan dan kerja kelompok dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMP 2 Songgon Kabupaten Banyuwangi. Kerja kelompok lebih baik dibandingkan dengan cara latihan dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Songgon Kabupaten Banyuwangi.