Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Aparatur Sipil, Negara Di Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Simeulue
Main Author: | Yani, Lyly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6889/1/42345.pdf http://repository.ut.ac.id/6889/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan dan Pelatihan yang meliputi dimensi Penentuan Kebutuhan Pelatihan,Tujuan Pelatihan, Isi Program dan Prinsip Belajar Mengajar sebagai variabel (X) yang mempengaruhi Kinerja meliputi Kualitas Kerja dan Kuantitas Kerja sebagai variabel (Y) pada pegawai di lingkungan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Simeulue. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (yang meliputi dimensi Penentuan Kebutuhan Pelatihan, Tujuan Pelatihan, Isi Program dan Prinsip Belajar Mengajar) baik secara individu maupun secara parsial (bersamasama) dalam meningkatkan kinerja pegawai serta untuk mengetahui variabel apa yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Simeulue. Dari hasil perhitungan untuk nilai regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi sebesar 0,272 yang artinya kinerja pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Simeulue dipengaruhi oleh penentuan kebutuhan pelatihan (XI), Tujuan pelatihan (X2), Isi program pelatihan (X3), dan Prinsip belajar (X4) sebesar 27.2% sedangkan sisanya 72.8% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil uji regresi didapatkan hasil perhitungan nilai thitung dibandingkan dengan nilai t1abe1 sebesar 1.678 disimpulkan bahwa variabel Pendidikan dan Pelatihan dengan nilai trutuns dimensi Penentuan Kebutuhan Pelatihan (X1) 1.796, Tujuan Pelatihan (X2) 2.372 serta Isi Program (X3) 2.308 sehingga memiliki pengaruh positif terhadap kinerja aparatur sedangkan untuk Prinsip Belajar Mengajar (X4) memiliki thitung 1.482 sehingga tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja aparatur pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Simeulue. Pengujian secara serentak variabel X terhadap Variabel Y secara serentak yang membandingkan nilai Frut1mg dengan Ftabel dimana Fhitung 4.48 I > Fiabel 2.239 sehingga memiliki pengaruh terhadap kinerja Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Simeulue.