Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Saintifik Dengan Strategi Menyenangkan Aktif, Realistik, Terstruktur, Dan Inovatif Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Varlabel Kelas Viii Semester 2 Di SMP Negeri 1 Leces Tahun Pelajaran 2014 - 2015

Main Author: Rachmono, Sugeng
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6863/1/42544.pdf
http://repository.ut.ac.id/6863/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran pendekatan saintifik dengan strategi menyenangkan, aktif, realistik, terstruktur, dan inovatif dalam upaya membantu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo mengatasi kesulitan dalam mempelajari Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pembelajaran dirancang dengan berorientasi pada teori Konstruktivisme, dimana agar anakbelajar, perlu memperhatikan struktur-struktur dan proses kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika (pengamat)dan 29 orang siswa kelas VIII-e SMP Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo yang ditetapkan sebagai focus dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penditian ini adalah ubservasi, tdrniktes, wawancara,dan cacatan lapangan. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Untuk itu penelitian ini dirancang dengan rancangan Penelitian Pengembangan Perangkat Pernbelajaran yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan lembar observasi,pedoman wawancara, dan tes basil belajar siswa sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan produk penelitian berupa perangkat pembelajaran adalah valid dan layak untuk digunakan.