Perbandingan Peningkatan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Koo Pera Tif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Tipe Group Investigation (GI) (Studi kuasi Eksperimen Pada Siswa SMP Negeri Banjar Baru)
Main Author: | Adio, Hendro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6859/1/42555.pdf http://repository.ut.ac.id/6859/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dan respon siswa terhadap kedua tipe pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu yang terdiri dari 2 kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan 1 kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar Baru Tahun Pelajaran 2013/2014 semester genap sejumlah 186 siswa yang dibagi menjadi 6 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan penalaran matematis siswa dan angket respon siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran TPS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran GI lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) tidak terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran TPS dengan siswa yang memperoleh pembelajaran GI; (4) Siswa memiliki respon yang positif terhadap Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI).