Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMP
Main Author: | B. M., Sumbogo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6822/1/42585.pdf http://repository.ut.ac.id/6822/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menelaah pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis dan motivasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode penemuan terbimbing. Desain penelitian dalam penelitian ini eksperimen semu yang terdiri atas dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen (metode penemuan terbimbing) dan kelas kontrol. Pertimbangan penggunaan desain penelitian ini adalah bahwa kelas yang ada sudah terbentuk sebelumnya, sehingga tidak dilakukan lagi pengelompokkan secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Banjar Margo Tahun Pelajaran 2013/2014 semester genap. Banyak siswa kelas VIII seluruhnya adalah 242 siswa yang didistribusikan ke dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang masingmasing berjumlah 32 dan 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan berpikir matematis dan angket motivasi siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini membuktikan bahwa metode penemuan terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa.