Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel
Main Author: | Suyanto, Edi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6794/1/42300.pdf http://repository.ut.ac.id/6794/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis PBL terbimbing dalam pemahaman pembelajaran kooperatif'. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan instrumen penilaian. Rancangan pengembangan yang digunakan adalah rancangan pengembangan model 4-D (Four[) model). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah di validasi oleh tiga validator dan telah diujicobakan secara terbatas pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Probolinggo dan kurikulum yang dipakai adalah kurikulum tahun 2013. Data penelitian ini adalah hasil validasi dari validator dan hasil uji coba. Hasil validasi RPP ada tiga unsur pada unsur isi 87,5%, unsur bahasa 75%, unsur tampilan 75%. Hasil validasi tKS ada tiga unsur pada unsur isi 8i,3%, unsur bahasa dan unsur tampilan masing-masing 83,3%, Hasil validasi instrumen penilaian pada ranah isi 90%, pada ranah bahasa 90%, dan ranah tampilan 100%. Secara umum hasil validasi perangkat pembelajaran basil pengembangan berkategori baik, sehingga perangkat pembelajaran hasil pengembangan ini layak digunakan. Hasil uji coba aktivitas siswa yang paling menonjol adalah mengidentifikasi masalah diberikan pada tembar Kerja Siswa, yaitu 92% pada uji coba 1 dan 92% pada uji coba 2.Secara keseluruhan tampak pada grafik hampir setiap aspek yang diamati antara uji coba 1 dan uji coba 2 ada peningkatan aktivitas siswa, kalau dilihat rata rata keseluruban dari uji coba 1 83% dan uji coba 2 88% ada peningkatan 5% . Hasil uji coba aktivitas guru pada aspek pendahuluan pada uji coba 1 90%, pada uji coba 2 92%, pada aspek kegiatan inti uji coba 1 87%, pada uji coba 2 93%, pada aspek penutup uji coba I 79%, uji coba 2 88%, tampak pada semua aspek aktivitas guru ada peningkatan. Hal ini berarti perangkat yang dihasilkan layak untuk dipakai. Pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning pada materi PtSV untuk menyelasaikan masalab sehari hari terbukti efektif dengan meningkatnya rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa serta dilihat dari hasil tes akhir siswa pada uji coba 1 terhadap 10 anak diperoleh 80% siswa tuntas.Hasil tes pada uji coba 2 terhadap 25 anak diperoleb 88% siswa tuntas. Sehingga sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa soal tes secara klasikal telah tuntas dan soal dapat digunakan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan bisa dipakai untuk materi yang lain yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, sehingga dapat meningkatkan pembelajaran pada siswa. Serta perangkat pembelajaran yang dikembangkan bisa dipakai untuk kelas dan bahkan sekolah lain , sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain