Pengaruh Kompetensi Guru Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Di Kabupaten Timor Tengah Utara

Main Author: Sau, Hilarius
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6712/1/42490.pdf
http://repository.ut.ac.id/6712/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kompetensi guru terhadap kinerjanya, iklim organisasi terhadap kinerja guru serta mendeskripsikan pengaruh kompetensi guru dan iklim organisasi sekolah secara bersama sama terhadap kinerja pada guru SMA di kabupaten Timor Tengah Utara. Fokus penelitian ini pada dua variabel independen kompetensi guru (XI) dan iklim organisasi sekolah (X2) serta variabel dependennya adalah kinerja guru (Y). Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Iklim organisasi sekolah mencakup standar organisasi, struktur organisasi, tanggungjawab,penghargaan dan komitmen. Kinerja guru sebagai prestasi ketja yaitu semua hasil yang dicapai guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah yang salah satunya tercermin dalam pencapain Nilai Ujian Nasional mumi peserta didik. Berdasarkan data hasil perhitungan dalam penelitian ini ketahui bahwa koefisien korelasi antara variabel kompetensi guru dan variabel kinetja guru sebesar 0,766 dan dkategorikan sebagai tingkat hubungan yang kuat. Koefisien determinasi 0,5867 atau 58, 67%. Ini berarti bahwa secara parsial kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru adalah sebesar 58,67% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Data hasil perhitungan ini juga diketahui bahwa koefisien korelasi antara variabel iklim organisasi sekolah dan variabel kinerja guru sebesar 0,623 dan dikategorikan sebagai tingkat hubungan yang kuat. Koefisien determinasi 0,38812 atau 38, 81%. Iklim organisasi berpengaruh secara positip dan signifikan terhadap kinetja guru_ sebesar 38,81% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan ini ketahui pula bahwa koefisien korelasi ganda antara variabel kompetensi guru, iklim organisasi sekolah dan variabel kinetja guru sebesar 0, 7805 dan dikategorikan sebagai tingkat hubungan yang kuat. Koefisien deterrninasi 0,609 atau 60, 9%. Dengan demikian maka secara bersama-sama Kompetensi guru dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru adalah sebesar 60,90% dan sisanya 39,10% dipengaruhi faktor lain.