Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dan Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan Pada Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh

Main Author: Hendrayana, Angga Sucitra
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6597/1/37-angga.pdf
http://repository.ut.ac.id/6597/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi dan internet yang terus menerus melahirkan suatu jaringan baru yang dikenal dengan sebutan sosial media. Sebagaimana yang diketahui, sosial media merupakan salah satu media online dimana para penggunanya dapat ikut serta dalam mencari informasi, berkomunikasi, dan menjaring pertemanan, dengan segala fasilitas dan aplikasi yang dimilikinya seperti salah satunya Facebook, dimana Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di Asia Tenggara. Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi negeri terbuka dan jarak jauh satu – satunya di Indonesia yang menerapkan sistem belajar jarak jauh tentu saja terus selalu meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para mahasiswa dan stakeholdernya. Sosial media memainkan peran penting dalam menghubungkan pelanggan dan meningkatkan layanan kepada pelanggan yaitu mahasiswa sehingga mahasiswa puas atas layanan pendidikan yang mereka terima. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi penggunaan layanan sosial media yang sudah diadopsi oleh UT dengan sampel Fan Page Facebook UPBJJ UT Bandung dengan cara melakukan survey. Survey dilakukan dengan mengunjungi Fan Page Facebook UPBJJ UT Bandung kemudian mengidentifikasi jumlah fans yang menyukai, jumlah orang yang membicarakan (word of mouth) lewat jumlah talking about this dan menganalisis bentuk - bentuk cara berkomunikasi dengan pelanggan lewat sosial media. Pemanfaatan layanan sosial media sebagai strategi komunikasi pemasaran dan manajemen hubungan pelanggan memberikan keunggulan bagi UT untuk memberikan layanan yang cepat bagi pelanggan khususnya mahasiswa ataupun dalam memperoleh pelanggan baru dan mampu memfasilitasi pelanggan baru baik masyarakat ataupun calon mahasiswa untuk, berpartisipasi, dan berinteraksi secara langsung untuk memperoleh informasi yang terbaru sesuai dengan apa yang diinginkan.