Visualisasi Digital Pembelajaran Baca Puisi
Main Author: | Zaidin, M. Arifin |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6539/1/TING2016ST2-17.pdf http://repository.ut.ac.id/6539/ |
Daftar Isi:
- Eksistensi dan dinamika digitalisasi menjadi salah satu pilihan untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih kreatif. Salah satu strategi pemberdayaan digitalisasi pembelajaran adalah dalam bentuk visualisasi YouTube. Visualisasi digitalisasi pembelajaran mempunyai stimulasi untuk menimbulkan kegairahan belajar, memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan. Di samping itu, visualisasi digitalisasi pembelajaran juga mempunyai stimulasi untuk membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan apresiasi baca puisi, dan membuat proses pembelajaran lebih efektif hingga memperluas ketersediaan akses informasi serta sumber pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan pemelajar. Ketercapaian visualisasi digitalisasi pembelajaran sangat ditentukan oleh kompetensi pembelajar dan ketersediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet. Pengembangan kompetensi diri dapat memanfaatkan salah satu sumber digital melalui website Universitas Terbuka atau dapat memanfaatkan sumber website yang lain. Kemdikbud-Pustekkom menunjukkan bahwa jumlah sekolah yang terkoneksi internet pada 2014 sebanyak 100.277 sekolah. Capaian sekolah sebagai pengguna internet merupakan salah satu bentuk untuk mengatasi tantangan digitalisasi dan pembelajar sebagai ujung tombak dalam suatu proses pembelajaran bersama-sama mengatasi era digitalisasi pembelajaran dengan memanfaatkan ketersediaan infrastruktur internet yang terdapat di sekolah-sekolah. Komitmen ini sejalan dengan peringkat Indonesia berada pada urutan ke-6 dunia sebagai pengguna internet, yaitu mencapai 88,1 juta orang pada tahun 2014. Digitalisasi pembelajaran memberikan ruang gerak yang fleksibel, sistimatis, dan visibilitas sehingga pembelajar mempunyai kepercayaan diri dalam mengembangkan profesionalitas edukasi yang dimilikinya. Pemanfaatan digitalisasi dalam pembelajaran baca puisi dengan baik, pemelajar akan memperoleh pengalaman belajar yang diharapkan.