Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini di Era Digital
Main Authors: | Ismartoyo, , Haryati, Yuli |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6538/1/TING2016ST2-16.pdf http://repository.ut.ac.id/6538/ |
Daftar Isi:
- Kemajuan jaman saat ini yang ditandai dengan era digital tidak bias terhindari sanggup mengubah tatanan kehidupan manusia. Indikatornya, kehadiran Information Communication and Technologi (ICT) benar-benar telah merambah dalam setiap bidang kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Peranan ICT dalam dunia pendidikan sangatlah besar, tidak hanya pada jenjang pendidikan tinggi namun juga sampai pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ditengah issu antara pro dan kontra penggunaan ICT dalam pendidikan, hal yang bijaksana adalah kita cari solusi bagaimana memfaatkan kelebihan ICT untuk tujuan mencapai PAUD yang sudah digariskan .Oleh karenanya seyogyanya program yang memanfaatkan ICT itu hendaknya menyesuaikan pada prinsip-prinsip perkembangan anak dan amandemen Undang-UndangDasar 1945, (pasal 28 C ayat 2) yang dinyatakan bahwa setiap anak berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat kan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umatmanusia. Dalam hal ini, dalam rangka mengembangkan kemampuan dasar anak, utamanya pengembangan kognitif, dan dengan mengkaitkan muatan pendidikan Matematika untuk anak, makalah in iakan membahas tentang matematika dasar seperti mengenal warna, bentuk, ukuran, pola, memecahkan masalah, bilangan dan berhitung; semuanya menggunakan ICT yang baik.