Pengaruh Motivasi Mahasiswa PPKn Terhadap Hasil Belajar Melalui Tutorial Online
Main Author: | Sudarso, Yos |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6513/1/TING2016ST5-02.pdf http://repository.ut.ac.id/6513/ |
Daftar Isi:
- Beberapa studi hasil belajar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online dipengaruhi oleh motivasi. Durington & Yen (2011) mahasiswa yang memiliki motivasi intrinsic lebih tinggi memiliki tingkat partisipasi tinggi dibandingkan mahasiswa yang memiliki motivasi intrinsik yang lebih rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari 93 mahasiswa PKN yang melakukan validasi tutorial online, terdapat 16 mahasiswa (17%) aktif mengikuti tuton matakuliah PKNI4317 Hak Asasi manusia, 14 mahasiswa (15%) peserta tuton matakuliah PKNI4312 Pembinaan Generasi Muda dan 16 mahasiswa (17%) peserta tuton matakuliah PKNI 4209 Kirminologi dan Kenakalan Remaja. Sedangkan untuk pengisian kuesioner, hanya 4 mahasiswa (4%) peserta tuton matakuliah PKNI4317 Hak Asasi Manusia,7 mahasiswa (8%) peserta tuton matakuliah PKNI4312 Pembinaan Generasi Muda dan 16 mahasiswa (17%) peserta tuton matakuliah PKNI4209 Kriminologi dan Kenakalan Remaja. Motivasi mahasiswa PPKn rata-rata berada pada tingkat sedang, dimana motivasi mahasiswa laki-laki lebih tinggi sedikit dibanding mahasiswa perempuan. Motivasi belajar berpengaruh terhadap nilai akhir tuton yang dicapai mahasiswa (r= 0,699). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi yang dimiliki mahasiswa maka semakin tinggi nilai tuton yang dicapai mahasiswa. Kata Kunci: