Sikap dan Kemampuan Metakognitif Sains Matematika Guru dan Peserta Didik: Kesiapan Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Pada Kurikulum 2013
Main Author: | Soekisno, R. Bambang Aryan |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6511/1/TING2016ST5-01.pdf http://repository.ut.ac.id/6511/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menggali sikap dan kemampuan metakognitif guru dan peserta didik sebagai dasar pengembangan program sekolah untuk mencapai standar kompetensi lulusan sesuai kurikulum 2013. Indonesia mulai tahun 2016 secara serentak menerapkan kurikulum baru bernama kurikulum 2013. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum baru menghendaki pencapaian pengetahuan metakognitif pada semua jenjang, termasuk jenjang sekolah menengah atas. Penelitian ini memfokuskan pada kelas IPA. Sebanyak 30 guru dan 168 peserta terlibat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dalam sikap metakognitif guru dan murid sudah baik, rerata kesadaran metakognitif berada pada kisaran 80%. Namun kemampuan metakognitif sains matematika para guru dan peserta didik sangat rendah. Rerata hasil tes metakognitif berkisar antara 0% sampai 33%. Berdasarkan hasil ini sekolah harus mengembangkan pembelajaran berbasis masalah dan literasi guna meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik.