Profesionalisme Guru Sebagai Modal Dasar Dalam Pelaksanaan Tugas Pembelajaran di Era Digital
Main Author: | Pramono, Tukimin |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6499/1/TING2016ST1-25.pdf http://repository.ut.ac.id/6499/ |
Daftar Isi:
- Globalisasi seakan meruntuhkan dinding pembatas dan berakibat sebagai pemisah antara informasi yang satu dengan lainnya. Kenyataan ini kiranya membawa pengaruh masyarakat persekolahan yang ada. Profesionalisme guru dapat dipakai sebagai salah satu unsur yang merupakan ukuran maju atau mundurnya peserta didik. Guru yang profesional diharapkan akan dapat mengubah sumber daya manusia menjadi berkualitas, sehingga akan berpengaruh terhadap daya saing di era digital. Guru di era digital akan berbeda dengan guru di abad sebelumnya. Era digital seperti saat ini, eksistensi guru tidak lagi dilihat dari kharismanya. Seorang guru hendaknya mampu berkomunikasi dan beradaptasi mengikuti arah tantangan zaman. Guru di era digital dituntut mampu berinovasi dan berkreasi karena sekarang budaya tutur telah kurang menarik dan berganti dengan budaya baca. Kondisi riil di era digital ini akan menjadi tantangan atau bahkan ancaman tersendiri bagi guru. Guru yang datang dari dunia pra-digital akan sedikit canggung menghadapi murid di era digital. Satu diantara perubahan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital adalah kemahiran pembelajaran yang diperlukan oleh pelajar untuk berdaya saing positif. Wujud salah satu kemahiran di era digital ialah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sejajar dengan perkembangan pendidikan yang terjadi. Guru mempunyai peranan dalam pelaksanaan tugas untuk mempelajari internet, memilih topik yang sesuai dan mengulas informasi.