Peranan Dialog Dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Main Authors: Chandrawati, Titi, Prabowo, Suryo
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6498/1/TING2016ST1-24.pdf
http://repository.ut.ac.id/6498/
Daftar Isi:
  • Dialog dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (SPJJ) merupakan bentuk komunikasi antara pemelajar dan pembelajar yang dapat terjadi melalui berbagai cara. Seperti yang diuraikan oleh Moore & Kearsley (2012) bahwa kegiatan pembelajaran dalam pendidikan jarak jauh membutuhkan bantuan media dan pengelolaan secara khusus. Tujuan penulisan makalah ini, untuk memberikan kesadaran akan pentingnya aspek dialog dalam proses pembelajaran pada SPJJ sehingga dapat menentukan kecepatan penyerapan materi oleh pemelajar. Didasarkan atas disertasi mengenai peranan dialog dalam SPJJ yang diterapkan di Universitas Terbuka (UT), melalui pendekatan konseptual deskriptif, akan diuraikan tentang konsep SPJJ dan berbagai model dialog dalam SPJJ. Di akhir, rekomendasi untuk para perancang pembelajaran melalui SPJJ, agar dalam menyiapkan berbagai media dan sumber pembelajaran melalui SPJJ juga memunculkan format dialog dalam berbagai bentuk yang dapat dimanfaatkan pemelajar dan pembelajar. Kata Kunci: