Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat
Main Author: | Noreti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6430/1/42435.pdf http://repository.ut.ac.id/6430/ |
Daftar Isi:
- Kualitas layanan dibangun atas dasar perbandingan dua faktor utama yaitu persepsi pelanggan atas layanan yang diterima (perceived service) dengan layanan yang sesungguhnya diharapkan (expected service). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adanya pelayanan yang kurang memuaskan, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang kualitas layanan di Puskesmas Mendawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Indikator kualitas layanan tersebut antara lain : tangible, reliability, responsivness, assurane, emphaty. Penelitian menggunakan metode kuantitatif Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling Simple Random Sampling dengan jumlah sample 80 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan antara variabel tangible,reliability, responsivness, assurane, emphaty dengan kepuasan pasien di Puskesmas Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa variabel reliability merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Bagi pihak Puskesmas Mendawai didalam peningkatan kualitas layanan fokuskan perhatian pada dimensi reliability karena dimensi ini dianggap penting oleh pasien, terutama dalam hal jadwal/waktu pelayanan dan sosialisasi standar operasional prosedur pelayanan.