Pengaruh Kompetensi Guru Dan Sarana Pembelajaran Terhadap Motivasi Mengajar Geografi di SMA Negeri Se kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

Main Author: Linda, Yarnen
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6425/1/42434.pdf
http://repository.ut.ac.id/6425/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara Kompetensi yang dimiliki oleh pengajar dan sarana pembelajaran terhadap motivasi mengajar Geografi. Secara teoritis kompetensi yang dimiliki oleh pengajar sangat berdampak pada mutu pembelajaran yang ditampilkan pada peserta didik. Disamping itu juga, kelengkapan sarana pengajaran yang juga mempengaruhi proses pembelajaran di kelas yang cenderung minim yang mengakibatkan motivasi mengajar sangat kurang. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan baik secara positif ataupun negative antara kompetensi dan sarana pembelajaran terhadap motivasi mengajar Geografi di SMA kabupaten Mukomuko.Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh hubungan antara kompetensi yang dimiliki oleh pengajar dan sarana pembelajaran yang ada di sekolah terhadap motivasi Mengajar Geografi di SMA Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Mukomuko dengan sampel yaitu guru-guru geografi yang mengajar di SMA di Kabupaten Mukomuko yang mana sampel tersebut berjumlah 30 orang. Data yang digunakan adalah data dari hasil angket dan wawancara. Utuk uji coba instrument angket, di ujicoba pada guru IPS di SMP Kabupaten Mukomuko yang kemudian dianalisis validitas dan realibilitasnya dengan menggunakan statistic aplikasi SPSS versi 17.0. Dari uji regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 17.0. terhadap hasil angket, didapati bahwa adanya hubungan yang cukup positif antara variable-variabel bebas seperti kompetensi dan sarana pembelajaran terhadap motivasi mengajar geografi di SMA Kabupaten Mukomuko. Semakin tinggi kompetensi yang dimiliki oleh seorang pengajar dan semakin memadai sarana pengajaran yang ada, maka semakin tinggi juga motivasi yang dimiliki oleh seorang guru dalam mengajar Geografi di kelas. Sebagai kesimpulan bahwa antara kompetensi guru dan sarana pengajaran yang ada di sekolah, terdapat hubungan yang positif yang mana kedua variable bebas tersebut saling bersinergis dalam membangun motivasi guru dalam mengajar.