Perbandingan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Acidevement Divisions (STAD) Dengan Model Kooperatif Tipe Teams Asissted Individualizations (TAI)
Main Author: | Laili, Nuryani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6424/1/42451.pdf http://repository.ut.ac.id/6424/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa antara pembelajaran matematika yang menggunakan model STAD dengan pembelajaran matematika yang menggunakan model TAI". Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa antara pembelajaran matematika yang menggunakan model STAD dengan pembeJajaran matematika yang menggunakan model TAI. Metode penelitian. yang akan ciilakukan edalah komparatif. Pene1itian komparatif adalah sejenis ·penelitian yang menemukan persamaan-persamaan dan pcrbedaan-perbedaan tentang benda-benda, kelompok, orang terhadap ide atau prosedur kerja. Fokus dalam penelitian ini adalah siswa SMA Nereri 1 Penawartama kbususnya kelas X.l dan X.2. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil sccara teknik cluster random sampling. Penelitian untuk kelas X.l mendapat model pembelajaran STAD dan kelas X.2 mendapat model pembelajaran TAI. Berdasarkan hasil analisis temyata pemahaman konsep yang diperoleh untuk siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dengan nilai rata-rata S3,7 dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TAl dengan nilai rata-rata 75,9. Kesimpulan dari peneiitian ini adalah terdapat perbedaan pernahaman konscp siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe STAD pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran tipe TAI pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Penawartama Tahun pelajaran 2013/2014.