Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Pengetahuan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Listrik Prabayar Di PT PLN (Persero) Area Tanjung Priok
Main Author: | Wigati, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6423/1/42442.pdf http://repository.ut.ac.id/6423/ |
Daftar Isi:
- PT PLN (Persero) merupakan salah satu perusahaan listrik terbesar yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia dengan tujuan utama untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan pada akhimya membuat ekonomi Indonesia tumbuh serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di SIS! lain PLN juga harus memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan harus dapat bertahan dalam kondisi tekanan ekonomi global. Meteran prabayar adalah peralatan yang digunakan oleh PLN untuk mengukur pemakaian energi listrik yang digunakan pelanggan. Pada tahun 2009 PT PLN (Persero) memperkenalkan listrik prabayar kepada pclanggan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan pengetahuan pelanggan terhadap keputusan pembelian listrik prabayar di PT PLN (Persero) Area Tanjung Priok. Ada indikasi bahwa pelanggan menggunakan listrik prabayar hanya karena aturan PLN yang mewajibkan saja bukan karena kesadaran pelanggan. Sehingga keputusan pembelian perlu dipahami dengan lebih sistematis,apakah hal ini berkaitan dengan bauran pemasaran (terkait produk, harga, promosi,proses) dan pengetahuan pelanggan? Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dengan menggunakan Skala Likert dan sampling aksidental 100 hasil responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variabel bauran pemasaran (produk, harga promosi dan proses) dan variabel pengetahuan pelanggan terhadap keputusan pembelian bagi pelanggan untuk memilih menggunakan meter prabayar Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden berupa kuesioner. Pengukuran nilai kuisioner menggunakan Skala Likert dan aksidental sampling terhadap 1 00 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran (yang terdiri dari produk, harga, promosi dan proses) dan pengetahuan pelanggan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.