Mutu Pelayanan IGD RSU BLUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Tahun 2015

Main Author: Sujono, Imam
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6401/1/42438.pdf
http://repository.ut.ac.id/6401/
Daftar Isi:
  • Mutu Pelayanan adalah kondisi dimana hasil dari produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan, standar yang berlaku dan tercapainya tujuan. Mutu adalah faktor keputusan mendasar dari pelanggan. Mutu adalah penentuan pelanggan, bukan ketetapan insinyur,pasar atau ketetapan manajemen. Tujuan penelitian ini adalab menganalisis mutu pelayanan melalui penilaian pelanggan di IGD RSU BLUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo tanjung Selor tahun 2015. Dibarapkan dengan analisis mutu pelayanan dari penilaian pelanggan dapat diketahui tingkat mutu pelayanan di IGD RSU BLVD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat analitik dan menrut waktunya merupakan penelitian "Cross Sectional". Popu1asi penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien di IGD RSU BLVD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dan besar sampel yang di ambil adalah sebanyak 87 orang/ pasien. Pengisian data dilakukan dengan pengisian kuesioner. Data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan perbitungan ska1a rating. Hasil pene1itian menunjukan masib perlu adanya perbaikan dari beberapa indikator karena nilai skor mean pada kategori interval "cukup dan baik" yakni mean< 3,25. Untuk dimensi tangible didapatkan basil indikator masing-masing kebersiban dengan skor 3,04,penerangan 3, 12 dan kebisingan 3,13. Dimensi Responsiveness dengan skor indikator masing-masing sebesar Waktu tanggap 2,93 dan Waktu tunggu 2,88. Dan pada dimensi Assurance masing-masing ; kemanan sebesar 3,16, kenyamanan 3,01 dan ketenangan sebesar 3,02.