Perkembangan Dan Kontribusi Pendidikan Jarak Jauh Dalam Upaya Pembangunan Masyarakat Indonesia Berbasis Pengetahuan
Main Authors: | Zuhairi, Aminudin, Wahyono, Effendi |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2004
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6345/1/perkembangan%20%26%20Kontribusi%20PTJJ.pdf http://repository.ut.ac.id/6345/ http://www.ut.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Makalah ini membahas konteks, kebutuhan serta perkembangan dan kontribusi pendidikan jarak jauh (Pjj) dalam upaya pembangunan masyarakat modern Indonesia herbasis pengetahuan. Kondisi geografis, demografis, social ekonomi, teknologi dan budaya menjadikan PJJ sebagai suatu kebutuhan yang tidak dihindari dalam upaya meningkatkan partisipasi warga masyarakat untuk mengikuti pendidikan dalam berbagai jenjang, jalur dan jenis. PJJ di Indonesia telah diterapkan pada sektor pendidikan dasar dan menengah, pendidikan tinggi, pendidikan nonformal, maupun pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) berbagai organisasi yang ada di tanah air. Pjj di Indonesia menghadapi tantangan dalam pemanfaatan teknologi baru dalam masyarakat yang relatif masih rendah tingkat melek teknologi serta akses terhadap teknologi itu sendiri. Penyelenggaraan PJJ di tanah air perlu mempertimbangkan teknologi tepat guna yang mudah terjangkau peserta didik yang tinggal di berbagai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki kondisi yang berbeda. Pengguna layanan PJJ makin kritis terhadap kualitas layanan yang diberikan penyelenggara PJJ. PJJ di Indonesia perlu menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan dan kecenderungan mutakhir dalam praktik terbaik PJJ yang terjadi saat ini.