Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelayanan Kebersihan pada Kantor Kebersihan, Pertamanan, Pemadam Kebakaran dan Pekuburan Umum (Studi Kasus di Kabupaten Wakatobi)

Main Author: Muhidin,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6232/1/40798.pdf
http://repository.ut.ac.id/6232/
Daftar Isi:
  • Wakatobi merupakan daerab yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan sehingga visi dan misi pemerintah daerah mengarah pada sector pariwisata dan kelautan yang mengharapkan peran kantor Kebersihan, Pertamanan, Pemadam Kebakaran dan Pekuburan Umum lebih lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor -faktor yang mempengaruhi pelayanan kebersihan pada Kantor Kebersihan, Pertamanan, Pemadam Kebakaran dan Pekuburan Umum. Dalam penelitian ini menggunakan adalab metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendefinisikan kembali validitas, reliabilitas dan obyektivitas data yang dikumpulkan dalam bentuk informasi secara obyektif dan rasional. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik ana1isis triangulasi. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini, Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kebersihan pads Kantor Kebersihan, Pemadam Kebakaran, dan Pekuburan Umum Kabupaten Wakatobi meliputi: (I) Terbatasnya kemampuan sumber daya aparatur dalam menguasai aspek teknis secara professional di bidang pelayanan kebersihan sehingga menunjukan kinerja yang tidak maksimal, (2) Sumber daya aparatur tidak memiliki keterampilan khusus di bidang pelayanan kebersihan. (3) Belum memberdayakan masyarakat secara maksimal dalam pelayanan kebersihan. (4) Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan (5) Belum memadainya sarana prasarana yang dimiliki oleh Kantor Kebersihan, Pertamanan, Pemadam Kebakaran, dan Pekuburan umum dalam melaksanakan pelayanan kebersihan. Kondisi tersebut mengakibatkan peran kantor kebersihan, pertamanan, pemadam kebakaran dan pekuburan umum dalam pelayanan kebersihan kepada masyarakat masih perlu ditingkatkan guna terwujudnya pelayanan kebersihan yang maksimal.