PEMANFAATAN TUTORIAL ONLINE DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPS SD MAHASISWA S1 PGSD DI UPBJJ-UT SURABAYA
Main Author: | Anshori, Sodiq |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6190/1/2014_177.pdf http://repository.ut.ac.id/6190/ |
Daftar Isi:
- Program pendidikan guru diselenggarakan dengan menerapkan Sistem Belajar Jarak jauh (SBJJ). Sistem belajar jarak jauh merupakan system belajar yang diselenggarakan secara mandiri dimana mahasiswa tidak bertatap muka atau bertemu langsung dengan dosen sebagaimana pembelajaran tatap muka. Sikap kemandirian, disiplin, tanggung jawab, keuletan, keingintahuan dan kebiasaan membaca sangat dibutuhkan dalam sitem ini. Karena itu belajar mandiri banyak ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif, kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Agar dapat belajar mandiri secara efektif, disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat sangat diperlukan, dalam pembelajaran secara tutorial online Perbedaan tingkah laku belajar diantara mahasiswa inilah akan berakibat tingkat keberhasilan dari mereka berbeda pula. Ketepatan waktu penyelesaian belajar/lulus dengan hasil yang sangat memuaskan, namun ada diantara mahasiswa yang harus dengan menunda kelulusannya, karena kurang memenuhi indek prestasi kelulusan dari yang telah diteteapkan institusi. Ketidak lulusan mereka karena tidak adanya kontribusi nilai tutorial pada mata kuliah yang ditempuh. Tutorial.Online (Tuton), merupakan program bantuan dan bimbingan belajar yang diselenggarakan oleh UT yang bertujuan untuk memicu dan memacu proses belajar mandiri mahasiswa secara online tanpa terpaku dengan waktu dan tempat. Dengan tutorial online ini nampak adanya tingkat kontribusi yang berbeda antara mahasiswa masa registrasi 2013.1 dan 2013.2. Pada masa registrasi 2013.1 tergolong pada kontribusi kurang 47% (4) kontribusi sedang 30% (10) dan kontribusi baik 20% (6), sedang pada masa registrasi 2013.2 tergolong pada kontribusi kurang 13% (4) kontribusi sedang 40% (12) dan kontribusi baik 47% (14 mahasiswa). Hal ini semua tergantung pada tingkat keaktifan mahasiswa selama melaksanakan tutorial online.