Pengembangan Bahan Ajar Tentang Sekolah Ramah Anak Pada Mata Kuliah Manajemen Berbasis Sekolah Prodi S1-Pgsd Universitas Terbuka
Main Authors: | Damanik, Hernawaty, Pakpahan, Sondang Purnamasari |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6115/1/2013_99.pdf http://repository.ut.ac.id/6115/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dilaksanakan dalam waktu dua tahun. Pada tahun pertama (2013) dilakukan evaluasi dan survai tentang pemahaman mahasiswa, tutor, guru dan kepala sekolah tentang praktek kekerasan terhadap anak, hak anak, perlindungan anak; tutorial MBS yang meliputi kurikulum/silabus matakuliah, materi/bahan ajar, proses tutorial; dan mengadakan need assessment untuk menemukan materi dan silabus yang berbasis sekolah ramah anak (child friendly school) sesuai dengan kebutuhan stakeholders. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, in depth interview, dan dokumentasi yang bersumber pada mahasiswa, tutor, guru, dan kepala sekolah. Sesudah itu akan dirancang silabus dan seperangkat bahan ajar Manajemen Berbasis Sekolah Ramah Anak (MBSRA) dan model tutorial MBSRA. Data dianalisis secara deskriptif. Luaran penelitian tahun pertama meliputi: 1) hasil survai pemahaman mahasiswa, tutor, guru dan kepala sekolah tentang kekerasan terhadap anak, hak anak, dan perlindungan anak; 2) hasil evaluasi yang komprehensif mengenai pembelajaran/tutorial mata kuliah MBS, 3) seperangkat silabus dan bahan ajar MBS dengan konsep sekolah ramah anak dan kebutuhan stakeholders, dan 4) model pembelajaran MBS Ramah Anak (MBSRA).