Upaya Peningkatan Interaksi Pembelajaran Melalui Skenario Forum Diskusi Antar Kelompok dalam Tutorial Online:(Studi kasus Tutorial online mata kuliah Research in ELT)
Main Author: | Antoro, Sunu Dwi |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6109/1/2014_335.pdf http://repository.ut.ac.id/6109/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model forum diskusi antar kelompok dalam bentuk applikasi diskusi kelompok dalam tutorial online mata kuliah Research in ELT masa tutorial 2014.1 dan 2014.2. Tujuan selanjutnya adalah untuk peningkatan interaksi yang terjadi dengan menerapkan model forum diskusi antar kelompok dalam mata kuliah tersebut. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan implementasi hasil pengembangan dengan penelitian tindakan kelas 5 siklus tindakan. Data proses peningkatan interaksi diperoleh melalui proses persiapan tindakan, observasi pelaksanaan dan refleksi hasil pelaksanaan pad setiap siklus tindakan. Data evaluasi tentang model forum diskusi antar kelompok dilakukan dengan memberikan kuesioner secara online kepada peserta tutorial mata kuliah Research in ElT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa applikasi forum diskusi antar kelompok memungkinkan dilakukan dalam perkuliahan tutorial online. Dalam forum diskusi antar kelompok memungkinkan setiap kelompok menampilkan presentasi dan mengajukan permaslahan yang dapat ditanggapai oleh kelompok lain. Sehinga dalam setiap diskusi topik yang dibahas akan lebih bervariasi dan setiap kelompok aktif memberikan tanggapan dan juga aktif mengommentari tanggapan kelompok lain atas presentasinya. Hasil implementasi menunjukkan bahwa dalam dsikusi kelompok ini masih perlu banyak yang harus diperbaiki terutama dalam hal teknis pelaksanaan. Mahasiswa yang aktif dalam diskusi kelompok hanya 20% dari jumlah mahiswa yang aktif dalam diskusi linier pada laman tutorial mata kuliah Research in ELT. Kendala utama adalah maslah teknis terkait dengan password dan kemampuan mengikuti diskusi antar kelompok. Persepsi mahasiswa terhadap forum diskusi antar kelompok baik, terbukti ada 88,46% menyatakan bahwa Forum diskusi antar kelompok sangat bagus dapat meningkatkan interaksi antar mahasiswa dalam tutorial online.