Upaya Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa melalui Pembimbingan dalam kegiatan Tutorial Online Mata Kuliah Metode dan Model Matematika

Main Authors: NOVIANTI, IDHA, Kartikawati, Etty
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6106/1/2014_334.pdf
http://repository.ut.ac.id/6106/
Daftar Isi:
  • Mata kuliah metode dan model matematika merupakan mata kuliah kompetensi pendukung yang wajib ditempuh mahasiswa pada semester 8. Jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai D dan E pada mata kuliah ini cukup tinggi. Pada empat masa uji yaitu mulai dari 2011.1 – 2012.2, mahasiswa yang mendapatkan nilai D dan E yaitu lebih dari 75%. Sehingga perlu suatu upaya yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah metode dan model matematika ini. Pada penelitian ini upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman mata kuliah metode dan model matematika yaitu suatu kegiatan pembimbingan pada kegiatan tutorial online. Jadi latihan soal diberikan di bagian akhir dari inisiasi tiap minggunya dan mahasiswa harus mengumpulkan jawaban latihan pada minggu berikutnya. Soal-soal dibahas pada forum diskusi. Pada kegiatan tutorial online mahasiswa akan dikirimkan sapaan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan tutorial online ini. Diharapkan hasil dari pembimbingan ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah metode dan model matematika dan adanya pemberian latihan soal di akhir setiap inisiasi dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah metode dan model matematika.