Sikap Dan Aktivitas Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 PGSD UPBJJ-UT Surakarta

Main Authors: Murni, Sri, Mulyono, Mulyono
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/6048/1/2013_145.pdf
http://repository.ut.ac.id/6048/
Daftar Isi:
  • Penerapan TIK di kalangan perguruan tinggi menjadi salah satu faktor keberhasilan suatu institusi saat ini. Oleh karena itu Universitas Terbuka (UT) telah membuka jaringan UT-online, salah satunya untuk memberikan layanan tutorial online kepada mahasiwa. Dalam pembelajaran online pembelajar diberi kebebasan untuk menetukan kapan mulai belajar, kapan menyelesaikan materi, dan menetapkan sendiri keberhasilan pembelajaran mereka. Meskipun pembelajaran online belum menjadi suatu keharusan namun keaktifan mahasiswa berpartisipasi dalam sistem ini akan memberikan kontribusi pada nilai akhir mereka. Sebagai suatu sistem pembelajaran yang baru, pembelajaran online memunculkan reaksi yang berbeda dari mahasiswa PGSD yang notabene adalah guru SD. Ada yang menyikapi secara positif namun ada juga yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap dan aktivitas pembelajaran online terhadap prestasi belajar mahsiswa S1 PGSD. Penelitian ini berbentuk studi deskripsi dan korelasi. Populasi adalah mahasiswa S1 PGSD FKIP – UT UPBJJ Surakarta tahun 2013.1. yang tersebar di 7 wilayah kota/kabupaten. Sejumlah 30 mahasiswa dipilih sebagai sampel. Kuesioner berskala Likert digunakan untuk mengukur sikap mahasiswa S1 PGSD terhadap pembelajaran online dan aktifitas pembelajaran online. Adapun data prestasi belajar diperoleh dari rekaman data nilai yang ada di UPBJJ-UT Surakarta. Data dianalisis secara statistik dengan teknik korelasi pearson’s product moment sederhana dan ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada hubungan signifikan antara sikap terhadap pembelajaran on-line dengan prestasi belajar (r = 0,389; thitung = 2,236 > ttabel = 2,048); (2) ada hubungan signifikan antara aktivitas pembelajaran on-line dengan prestasi belajar (r = 0,408; thitung = 2,365 > ttabel = 2,048); (3) ada hubungan signifikan antara sikap dan aktivitas pembelajaran on-line dengan prestasi belajar (r = 0,535; Fhitung = 5,414 > Ftabel = 3,354).