Kajian Terhadap Faktor–faktor Penentu Kualitas Tutorial Tatap Muka di Sumater Utara (Studi Kasus UPBJJ-UT Medan)

Main Author: Pandapotan, Sihar
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5992/1/2011_7.pdf
http://repository.ut.ac.id/5992/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan tutorial tatap muka yang dinilai masih memiliki beberapa kendala, disebabkan kehadiran mahasiswa di beberapa pokjar yang selalu menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan tutorial tatap muka di UPBJJ-UT Medan; (2)Penentuan daerah tutorial yang menganut system blok, setengah blok dan sistem penuh; (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menentukan kualitaas tutorial; (4) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat kualitas tutorial. Untuk memperoleh data yang diteliti maka Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif (descriptive research) dengan pendekatan kualitatif dan Teknik pengumpulan data dengan pengamatan partisipasi terbatas dan wawancara. Data hasil wawancara dilakukan penyebaran angket terhadap responden yang terdiri dari mahasiswa, tutor, dan pihak pengelola di daerah. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor – faktor yang menentukan kualitas tutorial dibagi atas 2 bagian, yakni faktor pendukung dan factor penghambat. Faktor pendukung kualitas tutorial diantaranya, (1)tutor yang disediakan oleh UPBJJ-UT Medan sudah memenuhi kualitas;(2) Bahan ajar sudah dirancang khusus oleh pakar – pakar yang qualified di bidangnya; (3) Dilakukan penilaian hasil belajar sebesar 50% dari tutor dan 50% dari hasil UAS oleh pusat. Faktor penghambat kualitas tutorial adalah (1) jarak, (2) usia, (3) waktu, (4) ekonomi, dan (5) budaya.