PENYELARASAN KURIKULUM S1 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

Main Authors: Sriyono, Sriyono, Mikdar, Syaiful, Sudarso, Yos
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5909/1/2014_84.pdf
http://repository.ut.ac.id/5909/
Daftar Isi:
  • Upaya pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kebijakan memberlakukan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan dunia kerja. FKIP UT sebagai program pendidikan guru dalam jabatan, mendukung upaya pemerintah dengan melakukan penyelarasan kurikulum program studi di lingkungan unitnya Berdasarkan peraturan perundangan kurikulum yang mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Guna untuk penyempurnaan kurikulum Program studi, tahapan yang harus dilalui adalah capaian profil lulusan; capaian pembelajaran program studi (CPP); dan capaian pembelajaran matakuliah (CPMK). Seluruh tahapan tersebut diselaraskan dengan level yang sesuai dengan program studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu level 6 KKNI. Artikel ini membahas hasil penelitian yang bertujuan untuk melihat sejauhmana keselarasan struktur kurikulum S1 Pendidikan Kewarganegaraan dengan KKNI dan apakah telah mengakomodasikan isi dan strategi pembelajaran sesuai capaian profil lulusan (CPL), memetakan kelompok matakuliah menurut fungsi dan rumpun keilmuan relevansinya dengan capaian pembelajaran matakuliah, capaian pembelajaran matakuliah (CPMK) sesuai tuntutan KKNI. Tujuan Penelitian ingin mendapatkan gambaran secara umum struktur kurikulum keterkaitannya dengan rumusan capaian lulusan program. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan pendekatan model discrepancy evaluation model (DEM) yang berjudul Penyelarasan Kurikulum S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Data penelitian menunjukkan rumusan capaian profil lulusan (CPL) Program S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan keterkaitannya dengan KKNI Rumusan Sikap tersebut telah tercermin dalam kelompok matakuliah pada rumpun Pengembangan Kepribadian selaras dengan KKNI utamanya unsur rumusan Tata Nilai. tetapi tidak menyatu atau terintegreted dalam capaian setiap matakuliah, memetakan kelompok matakuliah menurut fungsi dan rumpun keilmuan relevansinya dengan KKNI dan materi Buku Materi Pokok (Modul) masih sangat menekankan pada penguasaan pengetahuan dan belum mengakomodasi ke empat unsur KKNI secara utuh.