Evaluasi Kompetensi Tutor Pada Tutorial Online Program Studi Ilmu Administrasi Negara

Main Authors: Hidayat, Anto, Anshori, Yuli Tirtariandi El, Wulandari, F Ratih
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5890/1/2014_79.pdf
http://repository.ut.ac.id/5890/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi mendorong UT lebih jauh untuk mengembangkan tutorial online berbasis MLE-Moodle sebagai bagian dari electronic learning (e-learning). Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIPUT menyediakan tutorial online sebagai bentuk layanan belajar yang diberikan kepada mahasiswa melalui penggunaan internet. Dalam beberapa tahun terakhir terdapat kecenderungan bahwa partisipasi mahasiswa dalam mengikuti tutorial online semakin meningkat. Melihat perkembangan ini maka sejak tahun akademik 2013.1 seluruh program studi yang ada di UT, termasuk Program studi Ilmu Administrasi Negara, memberikan layanan tutorial online untuk seluruh mata kuliah yang ditawarkan. Data pada tahun akademik 2013.1 sampai dengan 2014.2 menunjukkan kecenderungan semakin meningkatnya jumlah partisipasi mahasiswa yang mengikuti tutorial online. Peningkatan jumlah ini memerlukan dukungan kompetensi tutor yang memadai. Kompetensi tutor menjadi sangat penting untuk mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran. Kompetensi tutor tersebut dapat dilihat dari sejauh mana kemampuan tutor dalam membuat rancangan aktivitas tutorial, mengembangkan materi inisiasi, mengelola aktivitas diskusi dan tugas, dan melakukan penilaian. Akan tetapi mengelola tutorial online yang berkualitas tidaklah mudah, banyak hambatan yang dihadapi dalam prosesnya. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap kompetensi tutor pada tutorial online Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Evaluasi dilakukan melalui survei online kepada mahasiswa yang menjadi peserta tutorial online pada tahun akademik 2014.2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi tutor tuton pada Prodi ADNE berada pada kategori baik. Hal ini terlihat dari indeks kinerja tutor tutorial yaitu sebesar 375,94. Meskipun demikian, tutor senantiasa dituntut untuk dapat meningkatkan kompetensinya, baik pedagogik maupun profesional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan tutorial online di UT, khususnya pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara.