EVALUASI FORMATIF BAHAN AJAR EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PEMA4302)
Main Authors: | Puryati, Puryati, Paridjo, Paridjo |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/5855/1/2014_72.pdf http://repository.ut.ac.id/5855/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ketepatan isi pada modul, mengidentifikasi desain instruksional modul, menganalisis pendapat mahasiswa mengenai kejelasan modul pada evaluasi satu-satu, menganalisis pendapat mahasiswa mengenai kualitas modul pada evaluasi kelompok kecil dan menghasilkan prototipe modul . Penelitian ini melalui empat tahap yaitu 1) review ahli; 2) evaluasi satu-satu; 3) evaluasi kelompok kecil; 4) ujicoba lapangan. Namun dalam penelitian ini hanya dilaksanakan sampai dengan tahap evaluasi kelompk kecil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sedangkan narasumber dalam penelitian ini adalah dua orang ahli materi dan satu orang ahli desain instruksional. Selain itu peneliti juga melibatkan mahasiswa yang belum mengambil mata kuliah Evaluasi Pembelajaran matematika sebagai partisipan. Pada tahap awal yaitu tahap review ahli, ahli materi akan menganalisis kebenaran/akurasi isi, kemutakhiran isi, cakupan/keluasan isi, kedalaman isi. Sedangkan ahli desain instruksioanl akan melihat bagaimana kesesuaian isi dengan tujuan instruksional dan kesesuaian isi dengan strategi instruksioanal. Setelah modul direvisi berdasarkan masukan para ahli, dilanjutkan pada tahap evaluasi satu-satu dengan memilih mahasiswa yang mempunyai low, middle, high achievement. Informasi yang diharapkan pada tahap ini adalah tentang Clarity (kejelasan), Impact (dampak) dan Feasibility (kelayakan). Kemudian modul direvisi dan dilanjutkan dengan pengambilan data pada tahap evaluasi kelompok kecil. Informasi yang didapat pada tahap kelompok kecil lebih detail dari pada evaluasi satu-satu. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yang menggabungkan teknik pengumpulan data dokumentasi, kuesioner, wawancara, dan observasi.