PERSEPSI LITERASI INFORMASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UPBJJ-UT GORONTALO
Main Authors: | Irawan, Windra, ASIAH, NUR |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/5841/1/2014_271.pdf http://repository.ut.ac.id/5841/ |
Daftar Isi:
- Seorang individu harus mampu menerjemahkan dan menafsirkan kondisi sekelilingnya dari informasi yang diterima dengan merujuk pada latar belakang, nilai, kepercayaan, kecerdasan atau bahkan motivasi yang dimiliki. Jika seseorang mahasiswa dianggap memiliki pendidikan dan latar belakang yang pengetahuan yang baik maka Ia diharapkan mempunyai kemampuan untuk mempersepsi bahwa dirinya literat terhadap informasi. Pembelajar dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh membutuhkan kemampuan handal dalam literasi informasi. Semua level pendidikan dari yang terendah hingga tertinggi, tidak dapat melepaskan kebutuhan keterampilan literasi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu metode survey yang mengambil sampel dari populasi dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument untuk mengumpulkan data utama. Sampel penelitian ini sebanyak 312 responden mahasiswa dari seluruh daerah di UPBJJ-UT Gorontalo. Analisis data untuk melihat hubungan antara persepsi tingkat literasi informasi dan prestasi belajar menggunakan Pearson Korelasi Product Moment. Variabel persepsi tingkat literasi disebut dengan variable bebas (x) sedangkan prestasi belajar mahasiswa disebut variable tergantung (y). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap literasi informasi cukup tinggi. Mahasiswa mempunyai persepsi yang baik terhadap kemampuan mengindentifikasi masalah, menggunakan teknologi informasi, kritis terhadap informasi, mengevaluasi, merangkum, menyajikan belajar dari pengalaman dan mengetahui etika dan legalias sebuah informasi. Sedangkan mahasiswa memiliki persepsi yang rendah mengenai kemampuannya menentukan jumlah kebutuhan informasi yang diperlukan. Namun dari penelitian tersebut terlihat tidak ada korelasi antara prestasi belajar mahasiswa dan persepsi literasi informasi.