Peran Mahasiswa Dan Peran Tutor Dalam Pelaksanaan Tutorial Online Mata Kuliah Teori Belajar Dan Pembelajaran

Main Authors: Puspitasari, Susy, Hamdani, Mailani
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5787/1/2013_92.pdf
http://repository.ut.ac.id/5787/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hal-hal berikut: 1) Peran mahasiswa sebagai peserta tuton terhadap pelaksanaan tutorial online, 2) Peran tutor terhadap pelaksanaan tutorial online menurut peserta tuton, 3) Masalah/kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam pelaksanaan Tuton Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran mahasiswa dalam persiapan sebelum mengikuti tuton, sebanyak 77,53% mengatakan bahwa mereka membaca modul terlebih dahulu sebelum mengikuti tuton. Dalam mengakses tuton, sebanyak 35,96 % mahasiswa melakukannya seminggu sekali dan sebanyak 47,19% mahasiswa melakukan akses tuton di rumah. Sebanyak 93,26% mahasiswa aktif dalam mengikuti forum diskusi dan 95,51% aktif dalam mengerjakan dan mengirimkan tugas. Rata-rata dalam satu semester mahasiswa mengambil 7-10 matakuliah tuton (35,96%). Tingkat biaya yang dikeluarkan oleh mahasiswa diatas Rp.50.000,-/semester (64,04%). Mahasiswa sebanyak 97,75% berpendapat bahwa tuton yang mereka ikuti bermanfaat dalam membantu persiapan UAS dan sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan. Peran tutor dalam memberikan materi inisiasi, menurut para mahasiswa sebanyak 60,67%, materi yang diberikan memotivasi mereka untuk belajar. Sebanyak 70,79% mahasiswa juga menyatakan bahwa tutor aktif dalam memberikan sapaan dan sebanyak 92,13% mahasiswa menyatakan bahwa tutor juga aktif dalam memberikan pertanyaan. Dalam hal ketepatan waktu, sebanyak 61,80% mahasiswa menyatakan bahwa tutor tepat waktu dalam mengupload inisiasi dan sebanyak 80,90% mahasiswa menyatakan tutor tepat waktu dalam memberikan pertanyaan diskusi. Masalah/kendala yang dihadapi oleh mahasiswa, sebanyak 65,96% mahasiswa menyatakan bahwa materi yang diberikan oleh tutor sama dengan di modul.