Pemahaman Buku Materi Pokok (BMP) dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Main Authors: Andriyani, Dewi, Sudirah, Sudirah
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5767/1/2013_85.pdf
http://repository.ut.ac.id/5767/
Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah Pemahaman Buku Materi Pokok (BMP) dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa sistem belajar di UT menggunakan sistem belajar jarak jauh.Pertemuan tatap muka hanya dilakukan 8 kali pertemuan.Selebihnya sistem belajar di UT menggunakan media komunikasi, seperti internet untuk tutorial online. Keragaman belajar tersebut menuntut keaktifan mahasiswa dalam memilih gaya belajar, mempelajari bahan ajar, dan menggunakan strategi belajar. Harapannya, pemilihan gaya belajar yang tepat, kesiapan mempelajari bahan ajar, dan menggunakan strategi belajar yang sesuai dalam mengikuti keaktifan mengikuti serangkaian kegiatan tutorial dapat membantu pemahaman mahasiswa terhadap BMP. Penelitian ini dalam rangka mencari jawab apakah pemilihan gaya belajar, bahan ajar dan strategi belajar yang tepat, berkontribusi atau dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap BMP. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah (1)mendeskripsikantingkat pemahaman mahasiswa terhadap BMP; (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman BMP; dan (3) Merumuskan model pembelajaran untuk BMP. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Peneliti akan mengumpulkan data kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang dibuat berdasarkan variabel independen dan dependen beserta indikator-indikatornya masing-masing. Variabel independennya, yaitu gaya belajar (X1), bahan ajar (X2), dan strategi belajar (X3), sedangkan variabel dependennya adalah pemahaman BMP (Y). Selain data kuantitatif peneliti menggali juga data kualitatif untuk mendukung, dan memverifikasi data kuantitatif. Analisis data dilakukan berdasarkan distribusi frekuensi dari masing-masing indikator variabel tersebut, dan berdasarkan hasil uji stastistik yang sesuai (regresi). Hasil analisis data kemudian diinterpretasikan dengan mengaitkan ke dalam konsep, teori, maupun hasil-hasil penelitian yang relevan sehingga diperoleh kesimpulan. Penelitian ini diharapkan dapatmemberikan kontribusi yang nyata terhadap pemahaman BMP, terkait dengan gaya belajar, bahan ajar, dan strategi belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dengan sistem jarak jauh. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan pula dapat memberikan rekomendasi tentang model pembelajaran untuk pengembangan BMP.