Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ketrampilan Partisipasi Sosial Dalam Memperluas Wawasan Konsep Dasar IPS
Main Authors: | Satya, Wira Indra, Mudjanad, Mudjanad, Nuraedah, Nuraedah |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/5738/1/2014_253.pdf http://repository.ut.ac.id/5738/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan perolehan produk pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Dasar IPS yang menerapkan model Partisipasi Sosial. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian pengembangan dengan mengacu kepada model Partisipasi Sosial, dengan tujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran Ketrampilan partisipasi sosial dalam memperluas wawasan Konsep Dasar IPS di. Hal-hal yang dilakukan, yakni (1) Identifikasi Masalah Pembelajaran, (2) Analisis Mahasiswa, yakni analisis kelompok mahasiswa. Hasil dari rancangan ini disebut draft A. Perangkat pembelajaran yang dirancang adalah (a) Rencana Pembelajaran Konsep Dasar IPS, (b) LKM Konsep Dasar IPS dan (c) Bahan ajar Konsep Dasar IPS yang menerapkan model Partisipasi Sosial, dan (3) pengembangan (develop): pada tahap ini, hasil perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada tahap sebelumnya (draft A) divalidasi oleh ahli yang kompeten. Hasil penilaian ahli tersebut dijadikan pedoman merivisi draft A, sehingga diperoleh draft B. Sebelum dilakukan ujicoba terlebih dahulu dilakukan uji keterbacaan terhadap draft B, dari Tim Ahli. Masukan yang diperoleh dari hasil uji Draf A digunakan untuk merevisi Draft B, sehingga diperoleh suatu produk pengembangan yang akan digunakan dalam Penelitian lanjutan. Ujicoba dilakukan untuk memperoleh masukan dari tim ahli, mahasiswa dan observer terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil ujicoba dijadikan dasar untuk memperoleh produk yang diinginkan. Draf akhir yang diperoleh tersebut akan diterapkan nantinya dalam bentuk tulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperoleh gambaran peningkatan hasil belajarn mahasiswa dengan adanya produk perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri atas: (1) Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT), Silabus Konsep Dasar IPS, (2) LKM Konsep Dasar IPS, dan (3) Bahan ajar Konsep Dasar IPS yang telah dimodifikasi beberapa sub pokok bahasan. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran partisipasi sosial yang telah dibuat pada matakuliah Konsep Dasar IPS yakni silabus, RAT (Rancangan Aktivitas Tutorial) dan Bahan Ajar efektif digunakan untuk tahap penelitian lanjutan.