EVALUASI PROSES DAN HASIL PEMBIMBINGAN SUPERVISOR 1 DAN 2 PADA MATAKULIAH PKP PROGRAM S1 PGSD DI UPBJJ-UT SURAKARTA TAHUN 2012
Main Authors: | Kamari, Kamari, Nurkhoti'ah, Siti |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/5680/1/2012_58.pdf http://repository.ut.ac.id/5680/ |
Daftar Isi:
- UPBJJ-UT Surakarta termasuk salah satu UPBJJ ujicoba pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) pola baru. Tujuan Penelitian : (1). Untuk mengetahui apakah perekrutan Supervisor 1 dan 2 sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan. (2). Untuk mengetahui kemampuan Supervisor 1 dan 2 dalam membimbing peserta PKP. (3). Untuk mengetahuai hasil bimbingan supervisor 1 dan 2 terhadap kualitas pelaksanaaan Praktek mahasiswa peserta PKP. (4). Untuk mengetahuai hasil bimbingan supervisor 1 dan 2 terhadap kualitas laporan PKP. Populasi : semua Supervisor PKP Program S1 PGSD semester 10 yang mengambil matakuliah PKP masa registerasi 2012.1 di UPBJJ UT Surakarta. Pengambilan sampel dengan metode random sampling. Hasil penelitian : (1) Perekrutan Supervisor PKP di UPBJJ-UT Surakarta sudah memenuhi syarat sebagai Supervisor 1 dan 2. Supervisor 1 biasanya direkrut dari para Tutor lama, sedangkan Supervisor 2 diajukan oleh mahasiswa, namun masih ada Supervisor 2 yang belum faham terhadap tugasnya. (2) Pelaksanaan pembimbingan PKP oleh Supervisor 1 sudah berjalan dengan baik dan Laporan dikumpulkan tepat. (3) Pelaksanaan pembimbingan oleh Supervisor 2 sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, namun ada beberapa Supervisor 2 yang kurang faham terhadap tugasnya termasuk cara penggunaan APKG1 dan APKG2. (4) Pelaksanaan bimbingan PKP telah menunjukkan efektifitas yang baik sesuai dengan panduan PKP pada Program S1 PGSD. Saran : (1) Supervisor 2 diajukan oleh mahasiswa sehingga UT tidak tahu kemampuan yang dimilikinya, maka perlu diadakan pembekalan secara intensif terhadap para supervisor 2 supaya tidak ada lagi Supervisor yang kebingungan terhadap tugasnya. (2) Perlu difasilitasi pertemuan antara Supervisor 1 dan 2 pada setiap awal semester, agar para supervisor saling koordinasi untuk menentukan langkah bimbingan terhadap bimbingannya. (3) Perlu ada monitoring terhadap pelaksanaan Pembimbingan baik terhadap Supervisor 1 maupun Supervisor 2, sehingga dapat memberi solusi atau membantu apabila terjadi hambatan..