EVALUASI FORMATIF BAHAN AJAR ADMINISTRASI KEUANGAN (ADPU 4333)

Main Authors: Enceng, Enceng, IRIANTO, LIESTYODONO B, El Anshori, Yuli Tirtariandi
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5638/1/2012_45.pdf
http://repository.ut.ac.id/5638/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model bahan ajar Administrasi Keuangan (ADPU 4333) yang ideal. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar matakuliah Administrasi Keuangan (ADPU 4333) yang ideal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif analitis, dan diuji keabsahannya dengan melakukan check, recheck dan cross check terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substansi materi Administrasi Keuangan belum sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan landasan yuridis formal yang berlaku, kompetensi dalam GBPP dan bahan ajar belum selaras baik kompetensi maupun kedalaman uraian materinya; gaya penulisan belum berisi ajakan agar mahasiswa terlibat dalam aktivitas belajar; masih kurang memperlihatkan contoh-contoh riil dalam mendeskripsikan konsep; belum menggunakan ilustrasi visual dalam menjelaskan konsep sulit; butir tes formatif belum mengukur kemampuan materi yang diuraikan dalam modul dan juga tingkat kompetensinya