PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TENTANG SEKOLAH RAMAH ANAK PADA MATA KULIAH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PRODI S1-PGSD UNIVERSITAS TERBUKA
Main Authors: | Damanik, Hernawaty, Pakpahan, Sondang Purnamasari |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/5628/1/2014_230.pdf http://repository.ut.ac.id/5628/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bahan ajar Manajemen Berbasis Sekolah Ramah Anak di Program Studi PGSD sesuai dengan kebutuhan stakeholders.Sesuai dengan skema rancangan penelitian, penelitian ini merupakan penelitian multi years yang berlansung selama dua tahun. Saat ini sudah waktunya mempersiapkan mahasiswa program pendidikan guru untuk mengantisipasi perilaku kekerasan terhadap anak (peserta didik) melalui pengembangan mata kuliahManajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan frame baru yaitu Manajemen Berbasis Sekolah Ramah Anak (ManbeSRA). Mata kuliah ini merupakan gabungan konsep Manajemen Berbasis Sekolah dengan Sekolah Ramah Anak. Mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah Ramah Anak ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1-PGSD. Penelitian tahun pertama telah menemukan draft konsep bahan ajar Manajemen Berbasis Sekolah Ramah Anak. Pada tahun kedua dilakukan implementasi bahan ajar MBSRA dengan mengikuti langkah-langkah penelitian eksperimen yang dimodifikasi dengan desain penelitian pengembangan (research and development) dari Borg and Gall (1983). Kemudian dilakukan uji triangulasi oleh tim pakar (pendidikaan dan pembelajaran, MBS, dan stakeholder-pengguna lulusan) untuk mendapatkan bahan ajar pembelajaran yang benar-benar layak, terpercaya, andal, dan sahih. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Sedangkan untuk mengetahui keunggulan bahan ajar digunakan analisis uji-T. Kemudian angket disebarkan untuk mengetahui pendapat mahasiswa terhadap bahan ajar yang diterapkan dalam pembelajaran MBSRA di perguruan tinggi. Luaran penelitian akhir/tahun kedua ini meliputi (1) RMK dan bahan ajar MBSRA; 2) hasil belajar MBSRAmahasiswa; dan 3) persepsi mahasiswa tentang model pembelajaran bahan ajar yang dikembangkan