Model Bahan Ajar Cetak Berbasis Praktek Untuk Program Studi Diploma Pada Perguruan Tinggi Jarak Jauh

Main Authors: Samsiyah, Siti, Utami, Herwati Dwi, Hermawati, Yanti
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5621/1/2013_60.pdf
http://repository.ut.ac.id/5621/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan BMP Manajemen Rekod Atif, mengidentifikasi tingkat penguasaan/keterbacaan bagi mahasiswa, dan membuat model bahan ajar cetak berbasis praktek bagi proram diploma pada perguruan tinggi jarak jauh. Target yang dicapai dalam penelitian adalah model bahan ajar berbasis praktek pada program diploma untuk perguruan tinggi jarak jauh. Pendekatan yang digunakan untuk memperoleh model bahan cetak berbasis praktek ini adalah pendekatan kualitatif. Buku materi pokok yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manajemen Rekod Aktif. Sumber data berupa pernyataan-pernyataan yang disampaikan oleh informan, baik itu pakar ilmu , maupun mahasiswa DIV Kearsipan UT yang telah mengikuti mata kuliah Manajemen Rekod Aktif dengan cara wawancara dan pengisian kuesioner. Hasil wawancara dianalisis menggunakan content analysis, deskriptif kualitatif. Hasil analisis disusun dalam bentuk narasi-narasi, sehingga data berbentuk rangkaian informasi yang bermakna sesuai dengan masalah penelitian. Hasil penelitian tahun pertama adalah Buku Materi Pokok Manajemen Arsip Dinamis yang masih berupa draft yang diperoleh dari masukan pakar ilmu kearsipan dan pakar desain interuksional. Untuk pakar kearsipan digunakan pakar ilmu kearsipan dari Arsip Nasional –RI , Dra Desi Pratiwi, MIMS. Untuk pakar desain instruksional menggunakan Dr. Benny A. Pribadi. Hasil draft Buku Materi Pokok yang telah mendapatan masukan dari pakar keilmuan kearsipan dan pakar desain instruksional dan bahasa , diujicobakan pada 3 (tiga) mahasiswa Diploma IV Kearsipan. Untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka terhadap draft Buku Materi Pokok yang telah diperbaiki dimana substansi /muatan praktek telah mampu ditunjukkan sesuai kompetensi umum dan khusus yang diharapkan. Tahap selanjutnya mengujicobakan draft Buku Materi pokok tersebut pada 10 (sepuluh) mahasiswa. Hasil ujicoba draft Buku Materi pokok Manajemen Rekod Aktif modul 6 dan 9 dikaji lagi oleh pakar ilmu terapan kearsipan dan pakar desain instruksional dan bahasa. Dari hasil telaah pakar, wawancara dan uji coba diperoleh prototipe BMP Manajemen Rekod Aktif