EFEKTIVITAS PEMBEKALAN TUTOR TERHADAP KUALITAS TUTORIAL PROGRAM PENDAS DI UPBJJ-UT YOGYAKARTA

Main Authors: Martono, Martono, Yahya, Najamuddin
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5615/1/2012_37.pdf
http://repository.ut.ac.id/5615/
Daftar Isi:
  • Tutorial tatap muka merupakan salah satu bentuk layanan UT terhadap mahasiswa. Dengan tutorial tatap muka para mahasiswa dapat menggunakannya sebagai wahana untuk memecahkan permasalahan belajar yang dihadapi. Pada program pendidikan dasar terdapat dua jenis tutorial tatap muka yaitu tutorial wajib dan tutorial atas permintaan mahasiswa. Mengingat begitu pentingnya peran yang diemban dalam kegiatan tutorial maka salah satu upayanya adfalah meningkatkan kualitas pelaksanaan tutorial. Peningkatan kualitas tutorial selalu diupayakan oleh UPBJJ-UT Yogyakarta. Pada masa registrasi 2012.2 upaya peningkatan kualitas tutiorial antara lain dengan jalan melaksanakan pembekalan bagi para tutor sebelum kegiatan tutorial dimulai. Tujuan dari pembekalan ini adalah agar para tutor sedini mungkin telah menyiapkan diri sebagai tutor sehingga persiapannya lebih baik. Hal ini diharapkan akan meningkatkan kualitas tutorial. Untuk mengetahui efektifitas pembekalan tutor maka dilakukan penelitian. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan dengan sasaran tutor dan mahasiswa yang berada di wilayah kerja UPBJJ-UT Yogyakarta. Adapun aspek-aspek yang menjadi focus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan kegiatan akhir tutorial. Instrument yang digunakan meliputi angket, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi para mahasiswa, tutor, peneltiti, dan UPBJJ-UT Yogyakarta