ANALISIS PERBEDAAN TUTORIAL MODEL JIGSAW II DENGAN MODEL STAD TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D2 PERPUSTAKAAN UPBJJ-UT SEMARANG 2012

Main Authors: KS, SUKARDI, Muflikah, Binti, Sujiati, Sujiati
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5577/1/2012_22.pdf
http://repository.ut.ac.id/5577/
Daftar Isi:
  • Penelitian berjudul Analisis Perbedaan Tutorial Model Jigsaw II dengan Model STAD terhadap Partisipasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa D2 Perpustakaan UPBJJ-UT Semarang 2012 ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan: 1) prestasi belajar tutorial model Jigsaw II dengan model STAD pada mata kuliah Metode Penelitian Sosial ISIP 4216 bagi mahasiswa D2 Perpustakaan UPBJJ-UT Semarang dan 2) partisipasi antara tutorial model Jigsaw II dengan model STAD pada mata kuliah Metode Penelitian Sosial ISIP 4216 bagi mahasiswa D2 Perpustakaan UPBJJ-UT Semarang 2012. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen dengan analisis data Anava dan uji t menggunakan SPSS. Sampel yang dijadikan subjek penelitian ini adalah dua tutor Mata kuliah Metode Peneltian Sosial ISIP4216, yaitu Agung Patrianto, M.Pd. dan Dian Arianita, M.M.Pd. dan masing-masing 24 mahasiswa D2 Perpustakaan di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan analisis data , dapat dikemukakan bahwa hasil uji hipotesis 1 ditemukan F hitung adalah 6.510 dengan signifikansi 0,046. Karena signifikansi kurang dari 0.05, maka H1 diterima sedang Ho ditolak. Selanjutnya, hasil uji hipotesis 2 ditemukan bahwa F hitung sebesar 4.176 dengan signifikansi 0.043. Karena signifikansi kurang dari 0,05 maka H1diterima dan Ho ditolak. Disarankan kepada para tutor agar dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan pokok bahasan, sebab model pembelajaran itu memiliki karakteristik yang berbeda di dalam mengimplementasikan pada tutorial.