ANALISIS LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, SERTA MINAT MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI UPBJJ-UT SEMARANG DI KAB. REMBANG

Main Authors: Purwaningdyah M.W., P, Badjuri, Badjuri, Setiyanto, Joko, Nuryandani, Einstivina
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5550/1/2014_27.pdf
http://repository.ut.ac.id/5550/
Daftar Isi:
  • Mahasiswa Bidikmisi adalah mahasiswa yang berasal dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang memiliki kemampuan atau prestasi yang baik di kelasnya atau di sekolahnya. Umumnya mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu. Perekrutan mereka melalui seleksi di sekolah dan peninjauan serta pengamatan ke rumah masingmasing untuk melihat kondisi tempat tinggal dan kondisi keluarganya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh latar belakang ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mahasiswa 2) untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar mahasiswa 3) untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh minat belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa, dan 4) untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh latar belakang ekonomi orang tua, pendidikan orang tua, minat belajar mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa yaitu, IPK pada semester 1 dan semester 2, angket untuk mengetahui minat belajar mahasiswa, wawancara untuk mengetahui pendidikan dan pekerjaan orang tua, serta observasi atau pengamatan untuk mengetahui kondisi tempat tinggal mahasiswa. Hasil dari analisa data penelitian menunjukkan bahwa: 1) latar belakang ekonomi mempunyai hubungan yang linier, tetapi tidak berarti, dan kontribusinya terhadap hasil belajar mahasiswa hanya 4,00 prosen 2) pendidikan orang tua mempunyai hubungan yang linier tetapi tidak berarti, dan kontribusinya terhadap hasil belajar mahasiswa adalah sebesar 1,7 prosen 3) minat belajar mahasiswa mempunyai hubungan yang linear dan berarti, kontribusinya terhadap hasil belajar mahasiswa adalah sebesar 51,4 prosen 4) latar belakang ekonomi orang tua, pendidikan orang tua, dan minat belajar mahasiswa secara bersama-sama mempunyai hubungan yang linier dan berarti, kontribusinya terhadap hasil belajar mahasiswa adalah sebesar 53,3 prosen. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang ekonomi orang tua, pendidikan orang tua, dan minat belajar mahasiswa secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dengan konntribusinya sebesar 53,3 prosen, dan sebesar 46,7 prosen ditentukan oleh variabel yang lain, dan korelasinya cukup tinggi yaitu sebesar 0,730.