Evaluasi Kualitas Bahan Ajar Jarak Jauh Pada Bahan Ajar PBIS4101/ Listening I (Tahun Ii)
Main Authors: | ARDIASIH, LIDWINA SRI, JUHANA, JUHANA |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/5536/1/2013_41.pdf http://repository.ut.ac.id/5536/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis sejauh mana hasil revisi pada BMP PBIS4101/Listening I telah mengakomodasi masukan yang diperoleh dari pakar, evaluasi satu-satu, dan evaluasi kelompok kecil, (2) menganalisis inovasi yang diterapkan pada media audio hasil revisi dalam mendukung ketercapaian kompetensi yang dikembangkan melalui mata kuliah PBIS4101/Listening I, serta (3) mengembangkan produk prototipe rancangan instruksional, BMP, dan program audio pada mata kuliah PBIS4101/Listening I. Metode pada penelitian ini menggunakan model evaluasi formatif. Dalam penelitian ini, subjek utama penelitian adalah Buku Materi Pokok (BMP) mata kuliah PBIS4101/Listening I dan kaset pendampingnya. Sebanyak 20 orang responden dilibatkan pada kegiatan uji coba lapangan untuk memberikan masukan terhadap proses revisi bahan ajar dan pengembangan prototype bahan ajar. Hasil dari proses evaluasi bahan ajar PBIS4101/Listening I diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak program studi untuk melakukan proses revisi bahan ajar mata kuliah ini. Hasil evaluasi ini sekaligus bermanfaat bagi para pengguna seperti tutor dan mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, khususnya mata kuliah listening. Lebih jauh lagi, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi praktisi pendidikan dalam hal inovasi bahan ajar yang digunakan pada sistem jarak jauh, khususnya mata kuliah Listening.