PENGARUH GOOD UNVERSITY GOVERNANCE DAN STRATEGI TERHADAP KINERJA PERGURUAN TINGGI
Main Author: | MUKTIYANTO, ALI |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Terbuka
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/5516/1/2014_207.pdf http://repository.ut.ac.id/5516/ |
Daftar Isi:
- Good University Governance (GUG) menjadi satu elemen penting agar perguruan tinggi mampu mengantisipasi, mendesain, mengimplementasikan, memantau, dan menilai efektivitas dan efisiensi kebijakan (Henard dan Mitterle, 2010). Selain itu, dengan adanya GUG diharapkan kinerja perguruan tinggi dapat lebih meningkat (Muhi, 2010). Penelitian ini berusaha membuktikan keselarasan GUG terhadap kinerja secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel mediasi pilihan strategi. Pada konteks perguruan tinggi di Indonesia, melalui pengujian structural equation model, terbukti adanya model keselarasan GUG terhadap kinerja perguruan tinggi yang dibuktikan oleh R2=0.72 dan total nilai estimasi GUG terhadap Kinerja sebesar 85.10%. Melalui pilihan strategi terbukti adanya fit sebagai mediasi dalam bentuk model mediasi parsial yang marginal (Venkatraman, 1989). Peran mediasi yang marginal memberi sinyal yang kuat bahwa perguruan tinggi di Indonesia belum mengoptimalkan peran pilihan strategi dalam meningkatkan kinerja. Sebaliknya, perguruan tinggi masih mengandalkan peran implementasi prinsip-prinsip GUG yaitu Fairness, Responsibilitas, Struktur Governance, Akuntabilitas, Transparansi, Otonomi, Kredibilitas, Etika, dan Visi Misi untuk menghasilkan kinerja yang superior.