ANALISIS DESKRIPTIF KUALITATIF KAJIAN DAN IMPLEMENTASI TUTORIAL ONLINE PADA MAHASISWA PENDAS DI UPBJJ - UT PURWOKERTO

Main Authors: Sukarti, Margaretha Sari, Utami, Prasetyarti
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Terbuka , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/5444/1/2014_5.pdf
http://repository.ut.ac.id/5444/
Daftar Isi:
  • Mahasiswa Pendas di UPBJJ Purwokerto ditengarai bahwa sebagian besar mahasiswa tidak pernah mengikuti kegiatan tutorial online. Agar hal tersebut diketahui secara jelas benar atau tidaknya dan apa penyebabnya maka peneleti melakukan kajian dan analisis mengapa hal tersebut terjadi. Penelitian dilakukan pada Pokjar-pokjar tertentu (cluster), juga dengan purposive dan snowball sampling, diseputar kota Purwokerto dan 2 Kabupaten terdekat yaitu Purbalingga dan Kebumen. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan pendataan diambil dengan cara observasi dan wawancara/interview terstruktur.Responden sebanyak 300 mahsiswa dari sampel yang sudah ditetapkan,setelah data direduksi ternyata yang diolah cukup 50% = 150 data, karena hasil jawaban yang sama. Data dianalisis menggunakan model Miles and Hubermen ( flow model) melalui 4 tahapan yaitu: pengumpulan data,reduksi data, display data dan kesimpulan/ verifikasi data Hasil penelitian adalah untuk menjawab permasalahan, bahwa mahasiswa pendas (PAUD dan PGSD) ternyata memang tidak ada yang mengikuti kegiatan tutorial online = 0% dari jumlah responden di atas .Faktor yang menjadi hambatan adalah bahwa sebagian besar mahasiswa pendas tidak menguasai teknologi komputer (gaptek), ada 147dari 150 responden = 98%, dan mahasiswa juga mengeklaim tidak tahu tentang tuton dan tidak tahu informasi tentang manfaat tuton bagi mahasisw, ada137dari 150 responden =91,3%. Untuk solusi mahasiswa berharap ada sosialisasi secara ekslusif dan ada pelatihan tuton bagi mahasiswa, sebanyak 128 dari 150 responden=85,3%