Analisis Kualitas Pelayanan Surat lzin Usaha Perdagangan (SIUP) Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Sumbawa

Main Author: Bakar, Abu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/542/1/41275.pdf
http://repository.ut.ac.id/542/
Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan adalah tanggapan pemohon izin atas tingkat pelayanan yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Sumbawa sebagai pemyataan perasaan pelayanan yang diterima pada waktu mengurus Surat lzin Usaha Perdagangan (SIUP) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurance, empaty dan tangible berdasarkan kenyataan yang diterima oleh pelanggan pada waktu mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Surnbawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah 91 orang pelanggan yang mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT),Tekhnik penarikan sampel adalah teknik penarikan sampel nonprobabilita, dengan cara teknik penarikan sampel aksidental.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan Surat lzin Usaha Perdagangan (SIUP) pada 4 (empat) dimensi kualitas pelayanan mendapat nilai baik/tinggi yaitu dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap, dimensi jaminan dan dimensi empaty sedangkan 1 (satu) dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi tampilan fisik mendapat nilai cukup/sedang. Dari 15 (lima belas) indikator yang dinilai pada masing-masing dimensi kualitas pelayanan, 12 (dua belas) indikator mendapat nilai baik/tinggi sedangkan 3 (tiga) indikator mendapat nilai cukup/sedang.