Ekuitas Merek dan Bauran Pemasaran Sebagai Prediktor Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Keputusan Membeli Produk Internet Telkomsel dan Tri di Batam

Main Author: Ester, Hanna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ut.ac.id/520/1/41815.pdf
http://repository.ut.ac.id/520/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis : 1) pengaruh ekutias merek dan bauran pemasaran terhadap keputusan membeli dan 2) pengaruh ekuitas merek,bauran pemasaran dan keputusan membeli terhadap loyalitas pelanggan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik simple random sampling. Jumlah sampelnya sebanyak 300 responden yang terbagi secara proporsional masing-masing 150 responden pengguna operator Telkomsel dan Tri. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) menggunakan perangakat AMOS 20.0. Dengan melakukan 7 uji yaitu: membuat model SEM, mengidentifikasi model, menguji model, analisis faktor konfirmatori, mengkonfirmasi model kedalam persamaan struktural, interpretasi model, dan pengujian hipotesis. Sementara itu untuk analisis deskriptif menggunakan SPSS 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa model dianggap sudah baik karena telah memenuhi beberapa kriteria dari delapan cut of value - goodness of fit yang disyaratkan. Dari seluruh variabel yang diteliti dihasilkan bahwa pelanggan operator Telkomsel memiliki loyalitas yang lebih tinggi dalam menggunakan produk internet dibandingkan dengan pelanggan operator Tri. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai regression weight dari masing-masing variabel. Saran yang dapat diberikan kepada Operator Tri adalah agar tetap memperhatikan hal-hal yang berkenaan dengan bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan distribusi serta ekuitas merek dengan harapan agar masyarakat memutuskan untuk membeli dan loyal dalam menggunakan produk internet Tri. Sementara itu, saran kepada Operator Telkomsel adalah agar terus mempertahankan kualitas produknya sehingga loyalitas pelanggan juga tetap bertahan.