Implementasi Program Penyedia Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan Mobil Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) Di Kabupaten Rejang Lebong
Main Author: | Saleha, Eha |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/5126/1/fekonisip24265.pdf http://repository.ut.ac.id/5126/ |
Daftar Isi:
- Kesenjangan pengetahuan digital antara masyarakat perkotaan dan masyarakat yang terjadi di desa terpencil di Indonesia, mendorong pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKomInfo) membuat program Penyedia Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK). Program ini bertujuan mendukung perluasan layanan akses internet bagi masyarakat luas dan sebagai percepatan peningkatan keterjangkauan pemerataan layanan serta pemanfaatan internet untuk peningkatan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah kecamatan. Hal ini menarik untuk dikaji dengan tujuan memberikan deskripsi khususnya tentang kendala implementasi program PLIK dan MPLIK di Rejang Lebong. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala dari implementasi PLIK/MPLIK yaitu: pertama; dukungan sumberdaya berupa dana operasional yang rendah dan peralatan yang di bawah standar, serta operator yang tidak memiliki keahlian. Kedua; tidak adanya koordinasi dan komunikasi yang intens antar operator PLIK/MPLIK, PT Jastrindo Dinamika dan PT WIN juga Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika. Ketiga; rendahnya partisipasi masyarakat. Keempat; kondisi peralatan yang rusak dan di bawah standar, besarnya biaya operasional dibandingkan pendapatan, operator yang tidak memiliki pendidikan di bidang teknologi informasi, rendahnya koordinasi dan sosialisasi serta rendahnya partisipasi masyarakat terhadap program PLIK/MPLIK