ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA KARTU PRA-BAYAR XL PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Main Authors: Abubakar, Rusydi, Jamaluddin, Jamaluddin
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
TQM
Online Access: http://repository.ut.ac.id/4995/1/fekon2012-33.pdf
http://repository.ut.ac.id/4995/
Daftar Isi:
  • Mengingat jumlah pelaku di dunia telekomunikasi semakin bertambah dan hal ini akan mendorong semakin tajamnya persaingan antar operator. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh berinteraksi dengan pelanggan, membangun program loyalitas, mempersonalisasikan pemasaran dan menciptakan ikatan institusional terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan menggunakan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel berinteraksi dengan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Mengembangkan program loyalitas tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Variabel mempersonalisasikan pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Variabel menciptakan ikatan institusional berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Sedangkan secara bersamaan diketahui bahwa nilai Fhitung 11,648 > Ftabel 3,007, yang berarti secara bersamaan (simultan) faktor-faktor loyalitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Faktor berinteraksi dengan pelanggan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi loyalitas pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Kesimpulan yang dapat diambil adalah faktor berinteraksi dengan pelanggan dan faktor mencipatakan ikatan institusional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh, sedangkan faktor mengembangkan program loyalitas dan mempersonalisasikan pemasaran secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Saran dari penulis dalam hal menerapkan strategi mengembangkan program loyalitas dan mempersonalisasikan pemasaran, perusahaan XL harus lebih dikembangkan demi meningkatkan loyalitas pengguna kartu pra bayar XL.